Wisata Alam Pantai Laguna Lembupurwo




Buat kamu kamu yang bingung untuk menikmati masa liburan, ada rekomendasi tempat wisata nih buat kamu. Pantai dengan laguna yang sangat cantik. Pantai ini terletak di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kalau dari jalan alternatif Kebumen-Yogyakarta sekitar 1 km. Liburan disini juga murah kok, kamu cukup menyediakan uang sebesar dua ribu rupiah saja untuk masuk ke pantai ini, itupun untuk biaya parkir hehehe.

Memang pantai laguna ini tidak jauh berbeda dengan pantai disekitarnya seperti pantai Ambal, Bocor, Petanahan, Suwuk yang juga sama sama berpasir hitam. Tapi, tunggu dulu ada beberapa hal yang berbeda yang membuat pantai ini wajib kamu kunjungi adalah pesona dari laguna yang sangat cantik dan indah


Laguna di Pantai ini berbentuk seperti telaga payau di dekat pantai yang dipisahkan oleh hutan cemara udang. Lekukan-lekukan aliran air sungai di laguna ini  juga ditumbuhi pohon bakau. Hal menarik yang bisa kamu rasakan adalah untuk sampai di cemara udang dan pantai kalian harus menyebrangi telaga payau ini.

Nah untuk menyebrangi laguna menuju hutan cemara udang dan pantai. Disediakan pula jembatan penyebrangan yang terbuat dari bambu, sembari kamu dapat melihat tanaman mangrove yang tumbuh subur disepanjang laguna.

Jika traveler ingin menikmati laguna dapat menyewa perahu genjot maupun perahu nelayan untuk berkeliling telaga air payau yang dikelilingi hutan cemara udang. Karena letak hutan cemara udang yang berada diantara laguna dan pantai biasanya digunakan para pengunjung untuk sekedar berfoto maupun berteduh karena sejuk dan rindang.

Oh iya buat kamu yang ingin datang kesana dan ingin melihat suasana keramaian pantainya, kamu bisa datang kesana ketika “Rowoan”. Rowoan itu adalah acara tahunan yang diadakan satu minggu setelah hari raya idul fitri. Dalam kegiatan ini juga biasanya masyarakat melakukan sedekah laut. Sebagai ungkapan syukur atas hasil laut yang diperoleh masyarakat sekitar. Tuh, unik kan. Disana masih terjaga sekali kearifan lokalnya lhoo.

Nah, bagaimana traveler, penasaran? Silahkan berkunjung ke Pantai Lembupurwo yang memiliki laguna dan cemara udang yang begitu cantik

Comments

Popular Posts