Ratu Boko, Indahnya Senja di Sudut Yogya

Kota Yogyakarta memang terkenal dengan peninggalan warisan budaya yang terkenal hingga mancanegara seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Tentunya, nggak hanya Candi Borobudur atau Candi Prambanan yang menarik untuk dijadikan obyek wisata, tapi juga Istana Ratu Boko yang nggak kalah autentik. Sayangnya, popularitas Istana Ratu Boko di kalangan masyarakat luas tergolong cukup tenggelam dibandingkan Candi Borobudur atau Candi Prambanan.
Istana Ratu Boko terletak di Desa Dawung dan Desa Sambireja, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, atau berjarak sekitar 3 km dari Candi Prambanan. Istana seluas 250 meter persegi ini terdiri dari gerbang utama, candi pembakaran untuk jenazah, paseban (tempat untuk menghadap raja), pendapa (ruang tamu), keputren (tempat pemandian raja dan wanita), serta gua. Kebayang kan, betapa megahnya istana ini saat masih berpenghuni.
Karena berkonstruksi batu andhesit maka Kraton Ratu Boko ada pula yang menyebut sebagai candi, namun sejatinya memang bukanlah candi. Meskipun lebih mirip kraton, banyak pula perbedaan antara situs Ratu Boko dengan kebanyakan kraton di tanah Jawa karena kedudukannya yang berada di atas bukit. Sedangkan kraton yang lain biasanya didirikan di dataran yang mudah dijangkau dengan terdapat elemen-elemen tertentu misalkan alun-alun dan yang lainnya.


Comments

Popular Posts