Taman Makam Pahlawan Wisata Asyik Untuk Mengenang Jasa Pahlawan

Kalau traveller pergi ke Surabaya, kurang afdhol kalau traveller nggak berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Nasional Sepuluh November. selain traveller bisa menikmati liburan, traveller juga bisa belajar untuk merenungi betapa hebatnya perjuangan para pahlawan kala itu....


Taman Makan Pahlawan Nasional Sepuluh November Surabaya merupakan tempat di mana makam-makam para pejuang di Surabaya tertata rapi dan bersih. Berbeda dengan pemakaman pada umumnya yang terkesan mistis dan horor, Taman Makam Pahlawan Surabaya ini sangat tertata rapi, terawat dengan baik dan pemandangannya pun bisa di bilang cukup cantik. Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya tentu senantiasa berbenah guna memelihara dan mempertahankan gelar yang membanggakan tersebut.

Masyarakat Indonesia kebanyakan mengetahui julukan yang disandang Surabaya sebagai Kota Pahlawan, karena peristiwa heroik rakyat dan pemudanya dalam mengusir penjajah. Puncak perlawanannya terjadi tanggal 10 November tahun 1945 dan akhirnya ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Lebih dari itu, Surabaya memegang teguh prinsip bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati sejarahnya. Terdapatnya Taman Makam Pahlawan Sepuluh November telah membuktikannya.

Belum jelas siapa saja pejuang atau pahlawan yang telah berjasa bagi Indonesia, khususnya Kota Surabaya yang dimakamkan di sini. Umumnya, nama yang tertera di batu nisan tiap makam itu ditulis Pahlawan Tak Dikenal. Sebagian batu nisan lainnya, sudah diberi nama para pejuang yang gugur di medan perang. Ada banyak makam pahlawan di sini, dengan melihatnya saja membuat kita dapat membayangkan betapa dahsyatnya peperangan mereka melawan penjajah.

Comments

Popular Posts